Selasa, 17 Mei 2011

[Share]Kamus Besar Bahasa Kaskus

Apa itu Kaskus dan Bahasa Kaskus?

Halo agan/aganwati semua, nga ada pertamaX yah disini hehe. Kalau ada yang ampe nyepam pokoknya ane pasti bakal kasih bata. Sebaliknya, kalo komeng yang bagus2, pasti ane kasih cendol ijo. Mangstab kan gan! Ane mw bahas yang asyik2 nih, tenang aja disini no BB17 yah. Ok, cekidot!

Nah lho, yang di atas tadi bahasa apaan yah? Kok campur sari gitu yah? Kalau kalian anak forum KasKus, pastinya udah nga asing lagi donk sama istilah2 planet yang muncul di atas. Tapi kalau bukan anak Kaskus kayaknya agak sulit untuk mencerna kalimat di paragraph pertama itu yah. Terang saja, karena yang saya tulis tadi memakai bahasa Kaskus hehe.

Kaskus sendiri adalah forum komunitas terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Andrew Darwis. Sudah banyak media yang membahas tentang forum ini, sehingga artikel ini pun tidak dimaksudkan untuk membahas Kaskus secara umum. Yang akan saya bahas disini adalah bahasa Kaskus. Jadi, jika kalian baru mau daftar di sana ataupun bagi member yang masih bingung atas istilah-istilah planet yang ada, maka artikel ini didedikasikan untuk kalian.

Tampilan Forum Kaskus

Tampilan Forum Kaskus

Mari mengenal bahasa Kaskus

Istilah-istilah yang saya kumpulkan di bawah ini berdasarkan hasil koleksi dari beberapa member yang membuat thread mengenai bahasa Kaskus, walaupun dirasa kurang lengkap. Selain itu, saya juga mengartikan sendiri beberapa istilah yang ada karena tidak berhasil mendapatkan sumber. So, guys let's cekidot!

Kamus Bahasa Kaskus A-I

Emoticon Forum KaskusAgan/Aganwati: plesetan dari juragan/juraganwati. Agan digunakan untuk menyapa/berbicara dengan lelaki, sedangkan aganwati untuk perempuan. Agan biasanya juga dipendekan menjadi "Gan" saja.

Alay: panggilan buat yang berbau "kampungan"

Bata: bad reputation point/brp, sesuatu yang diberikan kepada member yang dirasa memberikan sesuatu yang melanggar peraturan forum/menyebabkan kerugian member lain.

B4h45a 4l4y: yang diketahui pengguna Kaskus sebagai bahasa yang digunakan oleh para alay. Mudah dideteksi dengan penggunaan angka untuk menggantikan huruf-huruf tertentu. Misal: H4L0 64N!!! (Halo gan!!!)

BB/BB17+/BB71/dst: Buka-bukaan. Mengarah ke suatu hal yang agak nyerempet ke arah sexy/porno. BB17 artinya Buka-bukaan 17+, sedangkan istilah2 seperti BB30 atau BB71 itu sebenarnya hanya bercanda.

Cekidot: merupakan plesetan dari Check it Out!

Cendol: good reputation point/grp, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan kepada member yang dirasa membantu member lainnya/menyumbangkan sesuatu yang menarik. Cara memberikannya adalah dengan mengklik gambar timbangan yang ada di post member tersebut lalu memilih gambar yang pertama (selain bata)

COD: istilah yang digunakan di forum jual beli. Artinya adalah cash on delivery, atas dibayar langsung ketika barang diantar.

HT: Hot Thread, diberikan untuk thread yang berhasil masuk homepage Kaskus. Biasanya dipilih staff Kaskus berdasarkan kepopuleran thread tersebut.

ISO: kata-kata yang digunakan untuk menyebut member yang telah mencapai 2000 post. Sebenarnya istilah ini datang dari istilah ISO sebagai standard produk internasional, sedangkan di Kaskus digunakan karena member yang telah mencapai 2000 post telah memiliki kemampuan untuk memberikan bata/cendol. Mungkin arti mudahnya adalah, member Kaskus yang sudah memenuhi standar :D

Kamus Bahasa Kaskus J-Z

Bahasa Kaskus - PertamaXKomeng: komentar

Kimpoi: kawin

Maho: homo

Maholga: istilah yang digunakan untuk menghina OS (nama selebritis tertentu) yang menurut beberapa member Kaskus adalah seorang maho.

Malingshit: kata-kata untuk menyindir negara tertentu. Tapi tidak akan saya sebutkan disini karena berbau SARA.

Mangstabz: Mantap!

Mewekers: orang yang kerjaanya mewek (nangis) terus, suka-nya curhat terus di Kaskus. Biasanya digunakan member umum (terutama anak-anak Lounge) kepada orang-orang H2H (heart to heart).

Mimin: sebuah sebutan yang artinya adalah Admin

Momod: seperti mimin, tapi sebutan ini ditujukan untuk moderator

Nubitol: Nubi tolol. Istilah yang diberikan kepada nubi yang menyebalkan terutama karena nga baca rules dulu sebelum posting sesuatu.

OOT: Out of topic. Sebenarnya istilah ini digunakan juga di forum lain. Digunakan ketika ada member yang ngomongnya ngelantur dari topik thread.

Paypai: istilah yang digunakan anak-anak thread online business. Sebenarnya yang dimaksud adalah Paypal namun, staff Kaskus mengaturnya agar semua kata Paypal secara otomatis menjadi Paypai.

PertamaX: pertama X alias pertama kali. Digunakan member jika berhasil menjadi orang yang pertama membalas thread tertentu. Plesetan lain yang digunakan sejenis adalah keduax, ketigax, klimax, dst, namun yang paling sering tetaplah pertamaX.

Rekber: rekening bersama. Istilah yang ada di fjb. Artinya, transaksi yang dilakukan dengan cara mengirim uang kepada pihak penengah (tidak secara langsung ditransfer dari rekening pembeli ke penjual). Biasanya digunakan ketika orang ragu untuk membeli dari seller tertentu. Agar lebih aman, gunakan rekber.

Semar dan Ahong: plesetan untuk menyebut brand ISP (internet service provider) tertentu yaitu Smart dan AHA.

Sotosop: photoshop/software edit gambar

TKP: tempat kejadian perkara, biasanya disebut ketika hendak menuju link yg di kasih (Menuju TKP gan!).

BONUS:
Asdasdadasd atau cxvhasdbv atau mungkin juga zxzxzxz : kata-kata seperti ini sering muncul juga di Kaskus terutama di halaman pertama thread. Masyarakat Kaskus menyebutnya sebagai mantra. Sebenarnya, member yang menuliskan komposisi aneh tersebut adalah member yang ingin merebut posisi pertamax di thread yang ada, sehingga mereka tidak perlu memikirkan kata-kata apa yang harus diketikan. Yang penting cepat!

Join Forum Kaskus yuk!

Setelah membaca kamus bahasa Kaskus diatas, kalian sudah bisa pede untuk ber cas cis cus ria disana. Forum Kaskus sangat menarik karena memiliki banyak topik yang up to date dan menarik. Saya sendiri sudah bergabung di Kaskus sejak tahun 2008 dan membuat 4000+ post. Jika kalian mencari saya disana, username saya adalah Akira07. Silahkan add friends yah.

Note: Saya yakin masih banyak bahasa Kaskus yang belum terekspos disini. Oleh karena itu, dimohon bantuannya untuk para pembaca terutama member Kaskus senior untuk membantu melengkapi pembendaharaan katanya. Tinggalkan saja "komeng" kalian disini. Saya akan segera mengupdate artikel ini jika ada tambahan. Terima kasih!
  


Download KBBK v.1.0 : Di Sini



Kaskus Forum

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free Download | Bloggerized by Mahdi - Exclusive Blogger Themes | Mahdi